Visi Misi Remaja Masjid yang Mengandung Unsur Spiritual dan Sosial

This article is from Speccy Jam » Page not found. Click the title to hop over there.

Visi Misi Remaja Masjid

Umat Islam harus diperkenalkan dengan masjid sejak baligh atau usia remaja. Hal ini membuat seluruh takmir masjid sebaiknya menggiatkan program remaja masjid yang berjalan sesuai dengan visi misi remaja masjid di Indonesia. Pada artikel ini akan membahas seputar visi dan misi tersebut. Berikut penjelasan visi dan misi remaja masjid, diantaranya:

Visi Remaja Masjid

Visi remaja masjid adalah pandangan kedepan tentang harapan digiatkan program remaja masjid. Konsep visioner semacam ini harus jelas, supaya misi yang akan berjalan juga tepat dan tidak menyimpang dari tujuan yang ada. Berikut visi remaja masjid secara umum, antara lain:

1. Membumikan Islam Sejak Dini

Membumikan Islam sejak dini, maksudnya memperkenalkan Islam kepada masyarakat dimulai dari usia anak-anak dan remaja. Sehingga, ketika sudah dewasa bisa menjadi orang muslim yang taat. Memperkenalkan syariat Islam kepada pemuda sejatinya tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Apalagi zaman semakin maju dan keberadaan internet membuat seseorang lebih mudah menggali informasi yang dibutuhkan. Tak selamanya informasi itu bersifat positif, ada pula yang memiliki sisi negatif. Namun, keberadaan komunitas remaja masjid yang mengagendakan kegiatan kepemudaan bernuansa Islami, diharapkan bisa menjadi alat untuk mempermudah remaja paham Islam.

2. Timbul Rasa Cinta Pemuda pada Islam

Pemuda atau remaja adalah pioner yang akan melanjutkan sendi-sendi Islam di tengah-tengah masyarakat. Maka remaja harus benar-benar dilekatkan dengan syariat Islam sampai paham. Adanya pemahaman sedikit demi sedikit akan timbul mahabbah ad-din atau rasa cinta pada agama.

Rasa cinta tidak akan muncul, jika remaja tidak diikutsertakan dalam kegiatan-kegiatan konseptual Islam yang indah dan sangat menarik. Apalagi bila umat muslim diberikan kesempatan untuk berkarya akan membawa manfaat yang luar biasa.  Kesenian dapat membantu sebuah organisasi memiliki daya tarik untuk masyarakat.

Misi Remaja Masjid

Misi remaja masjid bersesuaian dengan visinya. Adanya kegiatan meramaikan masjid dengan aktivitas yang berkenaan dengan akidah Islam sangat diperlukan. Kerja sama yang baik dari remaja-remaja yang tergabung dalam remaja masjid akan memudahkan program yang dijalankan berhasil. Hal ini membuat visi misi remaja masjid tak terpisahkan. Berikut misi remaja masjid yang perlu umat Islam ketahui, antara lain:

1. Buat Pemuda Muslim yang Taat Beribadah

Misi program remaja masjid yang harus dijalankan yang pertama adalah menjadi pemuda muslim yang taat beribadah. Termasuk membantu memakmurkan masjid dengan sholat berjamaah tepat waktu pada jam jadwal sholat dan berdakwah dengan mengajak remaja lain untuk ikut sholat di masjid. Kegiatan ini adalah peran pemuda yang seharusnya terakomodir di dalam AD ART Remas.

2. Menjadikan Pemuda Muslim yang Berjiwa Sosial

Tumbuhnya jiwa sosial seorang pemuda cukup sulit, jika tidak dibiasakan. Apalagi pemuda adalah calon penerus agama yang harus konsisten dalam beramal. Maka dari itu, misi remaja masjid berikutnya membuat jiwa sosial pemuda meningkat. Salah satu caranya mengikutsertakan remaja dalam kegiatan agama yang berbau sosial, sebagaimana menjadi amil zakat dan penyebar daging kurban.

Baca juga: tugas takmir masjid

3. Remaja Muslim yang Berakhlakul Karimah

Misi remaja masjid yang terakhir adalah menjadikannya berahlakul karimah. Remaja diharapkan menjadi pembawa Islam ad-Din Rahmatan Lil Alamin yang senantiasa memberikan keberkahan dan kedamaian di bumi. Pemuda yang tidak berlepas dari ajaran di Al Quran dan Sunah nabi dalam menjalankan kehidupan.

Itulah pandangan terkait visi misi remaja masjid secara umum yang perlu diketahui oleh takmir masjid di Indonesia. Artikel ini bisa dijadikan referensi dalam membangun organisasi dengan arah yang jelas. Semoga hal-hal yang dijelaskan bisa menjadi tambahan pengetahuan dalam menyebarkan Islam..

The post Visi Misi Remaja Masjid yang Mengandung Unsur Spiritual dan Sosial appeared first on Sintesa Digitronic.

Go to Source – Speccy Jam » Page not found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.