Sebutkan Struktur Teks Iklan Secara Lengkap dan Jelas

This article is from Speccy Jam » Page not found. Click the title to hop over there.

Sebutkan Struktur Teks Iklan

Seorang pembuat iklan yang hasil karyanya kurang memuaskan pasti akan membuat atasan meragukan kemampuannya. Sehingga pertanyaan seperti sebutkan struktur teks iklan kemungkinan akan dimunculkan. Pasalnya iklan dibuat agar masyarakat memperhatikan barang atau jasa yang dipromosikan.

Teks iklan sendiri merupakan salah satu media promosi barang atau jasa kepada masyarakat melalui media cetak seperti surat kabar. Meski kini ada cara lebih praktis untuk mengiklankan yakni melalui running text, namun penting untuk mengetahui struktur teks iklan. Pada dasarnya semua teks iklan memiliki struktur yang sama, namun untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini :

1. Orientasi

Seperti namanya, orientasi dimana bagian ini merupakan bagian awal yang berisi perkenalan mengenai produk atau jasa yang dijual atau dipromosikan. Biasanya mencantumkan judul di bagian ini meski tidak jarang iklan yang tidak menggunakannya. Namun, langsung menempatkan nama produk pada bagian paling atas teks iklan.

Tentu gunanya orientasi agar produk atau jasa mudah dikenali serta dicari konsumen. Banyak juga iklan yang menyertakan deskripsi singkat produk atau jasanya. Tujuan deskripsi tersebut untuk memperjelas produk atau jasa yang tengah dipromosikan.

2. Tubuh Iklan

Tubuh iklan atau bagian inti ini menjadi pokok bahasan dari pertanyaan sebutkan struktur teks iklan. Bagian ini biasanya akan membahas inti dari apa yang ingin dipromosikan atau ditawarkan dalam iklan. Baik itu mencakup layanan jasa maupun produk perusahan yang akan dijual.

Dalam tubuh iklan ini penting untuk memperhatikan kaidah kebahasaan yang diterapkan pada teks. Hal ini tak lain karena ditujukan untuk menjawab pertanyaan sebutkan struktur teks iklan dengan benar. Baik melalui pemilihan kata hingga susunan kata dalam tiap kalimat yang digunakan untuk mempromosikan nantinya.

3. Kalimat Persuasif

Salah satu bagian wajib dalam teks iklan yang tak boleh ditinggalkan ialah penggunaan kalimat persuasif. Mengapa? Sebab kalimat persuasif yang bersifat membujuk atau merayu bahkan menjadi salah satu ciri khas teks iklan. Dengan demikian, kaidah kebahasaan penulisan iklan akan lebih sempurna ditambah lagi dengan kalimat retorik.

Kalimat retorik sendiri merupakan pertanyaan yang diajukan tanpa mengharapkan jawaban untuk mengungkit suatu poin. Apabila jawabannya sudah sangat jelas biasanya akan membuat jawaban itu menjadi menonjol. Sehingga retorik dalam konteks ini mengandung makna efektif sekaligus bombastis yang bakal menarik perhatian siapapun yang membacanya.

4. Justifikasi

Bagian akhir teks iklan yang berisi penjelasan agar mempermudah publik mengakses produk atau jasa yang ditawarkan. Diantaranya berisi keterangan seperti nomor telepon, akun media sosial, website, email, alamat, atau sejenisnya. Pemberian website, email atau telepon sendiri biasanya apabila ada komplain terkait produk atau jasa dapat langsung disampaikan.

Seperti yang diketahui bersama, beberapa produk atau jasa bahkan memberikan garansi maupun ganti rugi jika terdapat masalah. Misalnya saja, salah satu produk makanan yang dibeli tak layak dikonsumsi namun berhasil dipasarkan. Konsumen tentu saja berhak mengajukan keluhan terkait hal tersebut melalui kontak yang tersedia.

Baca juga: beda iklan media cetak dan elektronik

5. Slogan

Untuk struktur terakhir ini merupakan pilihan opsional yang bisa dipakai atau jika tidak maka tidak akan memberi pengaruh buruk. Akan tetapi apabila produk atau jasa yang ditawarkan memiliki slogan tentunya akan menambah daya tarik. Terlebih dengan slogan yang mudah diucapkan dan diingat akan membuat promosi mudah diingat.

Demikian uraian untuk menjawab pertanyaan sebutkan struktur teks iklan secara lengkap dan jelas. Keberhasilan suatu iklan ditentukan oleh seberapa menarik jasa atau produk tersebut ditawarkan. Ketika struktur dan kaidah kebahasaannya lengkap maka fungsi iklan akan efektif serta memiliki daya jangkau yang luas.

The post Sebutkan Struktur Teks Iklan Secara Lengkap dan Jelas appeared first on Sintesa Digitronic.

Go to Source – Speccy Jam » Page not found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.