Rancangan Denah Masjid 2 Lantai Ini Patut Dipertimbangkan!

This article is from Speccy Jam » Page not found. Click the title to hop over there.

Masjid menjadi tempat ibadah umat muslim yang disediakan di setiap daerah untuk masyarakat umum. Sebelum membangun sebuah masjid harus membuat denah terlebih dahulu agar rancangan sesuai dengan penentuan suara warga sekitar. Ada banyak referensi sebagai inspirasi denah masjid 2 lantai yang sesuai dengan luas tanah.

Denah Masjid 2 Lantai

 

Denah Masjid 2 Lantai

Rancangan Denah Masjid Tingkat 2 Lantai

Membangun masjid merupakan suatu hal yang baik bagi banyak orang untuk melakukan ibadah secara bersamaan. Bangunan yang dibuat harus senyaman mungkin bagi banyak orang yang akan menggunakannya untuk beribadah. Desain yang dibutuhkan sesuai dengan corak daerah tersebut dan juga tema dari pendiri masjid yang telah disetujui. Langsung saja berikut referensi konsep denah masjid 2 lantai yang nyaman untuk ibadah, berikut ini:

1. Masjid Minimalis

Masjid dengan denah minimalis bisa digunakan untuk dibangun pada tanah yang memiliki luas sedang. Biasanya tema minimalis ini digunakan pada masjid yang terletak di kota yang memiliki luas tanah tidak terlalu besar. Ukuran ruang dari masjid tersebut tidak perlu terlalu banyak sekatnya sehingga tetap tampak luas.

Denah masjid minimalis dapat dilihat sehingga menginspirasi dalam membangun sebuah masjid di daerah tertentu. Bentuk dan desainnya yang minimalis akan membuat bangunan terlihat megah dan unik yang menarik para pengunjung untuk beribadah.

2. Masjid Sederhana

Masjid yang sederhana didirikan ketika dana yang dimiliki tidak terlalu besar atau memang konsepnya yang sederhana. Dari denah masjid 2 lantai yang sederhana akan membuat kesan bangunan tidak terlalu mencolok. Warna yang simpel dan cerah membuat bangunan masjid terlihat besar meskipun berada di luas tanah yang sedang.

3. Masjid Modern Minimalis

Selanjutnya, ada denah masjid 2 lantai yang modern namun minimalis sehingga dapat dibangun pada luas tanah yang sedang. Bangunan modern ini ada pada kota dan dapat memberikan kesan kepada pengunjung dan pengagum bangunan tersebut. Masjid dengan 2 lantai saja sudah cukup menerima daya tampung jamaah cukup banyak.

4. Masjid Klasik

Bangunan klasik dari sebuah masjid sangat menarik dan memperlihatkan tampilan masa lampau. Suasana dari bangunan masa lampau sangat menarik banyak orang untuk dinikmati ketika memandangnya dan berada di dalamnya. Masjid yang dibangun dengan denah bertema klasik membutuhkan desain yang detail sehingga membawa kesan klasik.

Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Membangun Masjid

Kondisi yang diperhatikan adalah bangunan dengan peralatan yang lengkap salah satunya memiliki jam digital masjid di dinding. Adanya perhatian ini membuat bangunan memiliki kenyamanan ketika digunakan oleh banyak orang. Kekuatan dari bangunan tersebut juga dapat diketahui dengan memperhatikan letak tiang yang ada pada masjid.

Sirkulasi pada masjid juga harus teratur agar jemaah wanita dan pria tidak merasa terganggu untuk menuju tempat wudhu. Adanya batas suci di sebuah masjid membuat pengunjung melepas sandal atau sepatu yang dikenakan. Memberi batasan ini akan membuat masjid terhindar dari najis yang membuat seseorang tidak sah dalam solatnya.

Memperhatikan letak tempat wudhu dengan toilet yang membuat najis bertebaran untuk diberikan jarak yang jauh. Dapat membedakan posisi tempat wudhu dan juga toilet untuk mencegah jemaah terkena najis. Posisi tempat ibadah wanita dan pria dapat dibedakan jalur masuknya sehingga jemaah tidak mengenai lawan jenis ketika sudah wudhu.

Itulah denah masjid 2 lantai beserta dengan hal yang harus diperhatikan ketika menentukan sebuah posisi letak ruangan. Kemampuan dalam membuat denah ada pada ahlinya karena sudah berpengalaman sehingga menghasilkan masjid yang nyaman. 2 lantai masjid sudah terlihat megah dan cukup untuk melakukan shalat berjamaah oleh masyarakat umum.

The post Rancangan Denah Masjid 2 Lantai Ini Patut Dipertimbangkan! appeared first on Sintesa Digitronic.

Go to Source – Speccy Jam » Page not found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.