Ragam Contoh Iklan Media Elektronik dan Keunggulannya

This article is from Speccy Jam » Page not found. Click the title to hop over there.

Media beriklan kini semakin beragam. Tak hanya lewat media cetak namun juga bisa lewat media elektronik. Iklan di media ini dianggap lebih efektif dan bisa meningkatkan angka penjualan secara signifikan. Ada banyak contoh iklan media elektronik yang mudah untuk ditemui sehari-hari. Kali ini akan dibahas lebih jauh apa saja contoh iklan yang menggunakan media elektronik.

Contoh Iklan Elektronik

Terdapat beberapa jenis media elektronik yang ada di sekitar kita dan bisa dimanfaatkan sebagai media beriklan. Berikut adalah contoh media iklan elektronik yang sering dimanfaatkan dan berfungsi efektif:

1. Iklan Televisi

Media pertama yang begitu sering digunakan untuk beriklan adalah televisi. Iklan lewat televisi dianggap sangat efektif dan bisa menjangkau jumlah konsumen yang lebih luas. Iklan televisi juga bisa menunjukkan produk dengan baik lewat tampilan visual. Informasi lewat audio juga bisa tersampaikan dengan jelas dan lengkap melalui media elektronik yang satu ini.

Contoh iklan di media televisi sangat mudah untuk ditemui. Iklan produk akan ditampilkan dalam bentuk video atau running text yang memuat penjelasan produk secara lengkap. Peran pengisi suara juga sangat penting dalam iklan jenis ini. Selain itu juga seringkali digunakan lagu yang menarik untuk membuat iklan mendapat lebih banyak perhatian.

2. Iklan Radio

Selanjutnya ada iklan yang menggunakan media elektronik radio. Iklan jenis ini tentu tidak selengkap iklan di media televisi. Iklan produk hanya bisa ditampilkan dalam bentuk suara. Pengisi suara akan memberikan penjelasan produk secara lengkap dan jelas. Iklan radio memang masih bekerja efektif di zaman sekarang. Namun, jenis iklan ini punya kekurangan karena tidak bisa menampilkan visual dari produk yang diiklankan.

Contoh iklan media elektronik radio bisa ditemukan setiap hari. Setiap acara radio biasanya akan diberi waktu jeda untuk beriklan. Rekaman iklan bisa diputar berulang kali setiap hari. Selain itu iklan di media radio juga bisa diperdengarkan sewaktu acara radio berlangsung. Iklan jenis ini biasanya akan disampaikan langsung oleh penyiar yang bertugas saat itu.

3. Iklan Internet

Jenis iklan media elektronik berikutnya yang saat ini begitu diminati adalah iklan internet. Metode beriklan lewat media internet ini biasa juga disebut sebagai digital marketing. Bentuk iklan yang ditampilkan bisa bervariasi mulai dari gambar hingga video. Media untuk beriklan juga semakin beragam mulai dari website hingga media sosial dengan beragam jenis platform.

Contoh iklan di media internet sangat mudah untuk ditemui. Beragam jenis iklan produk bertebaran di media sosial dan bisa dijumpai setiap hari. Sayangnya ada juga tipe iklan yang terlalu sering muncul sehingga dianggap sebagai spam oleh para pengguna.

Keunggulan

Iklan yang memanfaatkan media elektronik memiliki banyak keunggulan. Tak heran jika jenis media ini banyak dimanfaatkan sebagai media iklan. Berikut adalah beberapa keunggulan dari iklan media elektronik:

  • Menjangkau lebih banyak konsumen
  • Memperluas kreativitas bentuk iklan
  • Terdapat banyak pilihan jenis media
  • Bisa menghasilkan daya tarik audiens yang kuat
  • Mudah untuk membuat variasi bentuk iklan, khususnya jenis iklan televisi dan internet.
  • Bisa menampilkan informasi produk dengan jelas, khususnya iklan televisi dan internet.

Dari 3 contoh iklan media elektronik yang telah dibahas, media televisi dan internet bisa dikatakan lebih unggul dibandingkan radio. Namun semua kembali lagi pada kreativitas pembuat iklan.  Jika materi iklan disusun dengan baik maka media radio pun bisa memberikan hasil yang memuaskan.

The post Ragam Contoh Iklan Media Elektronik dan Keunggulannya appeared first on Sintesa Digitronic.

Go to Source – Speccy Jam » Page not found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.