Pahami 7 Alat Ukur Kuat Arus Listrik Ini Beserta Fungsinya

This article is from Speccy Jam » Page not found. Click the title to hop over there.

Alat Ukur Kuat Arus Listrik

Alat ukur kuat arus listrik adalah hal penting yang harus dimiliki oleh seseorang di rumahnya. Apabila terdapat penurunan kekuatan suatu arus, maka mudah untuk mengeceknya sesegera mungkin. Dengan begitu, masalah listrik bisa diatasi secepat mungkin.

Alat-alat pengukur kuat arus listrik terdiri dari beberapa jenis. Alat itu dimanfaatkan dalam melakukan pengukuran tegangan listrik di rumah, sehingga sesuatu yang tak diinginkan bisa diminimalisir. Lantas, apa saja peralatannya? Ini ulasannya:

1. Amperemeter

Satu dari sekian banyak untuk melakukan pengukuran kuat arus listrik yakni amperemeter. Alat ini bisa dimanfaatkan terhadap rangkaian yang tertutup. Meski begitu, amperemeter mempunyai batasan terbesar pengukuran.

Untuk menggunakan amperemeter perlu memutus rangkaiannya dulu kemudian dihubungkan ke setiap terminal amperemeter. Jadi, rangkaian yang dibentuk setelah proses tersebut adalah seri. Amperemeter bisa pula dijadikan sebagai pengukur arus searah maupun arus bolak-balik.

2. Voltmeter

Beda dari sebelumnya, voltmeter dimanfaatkan dalam mengetahui besar suatu tegangan listrik di dua kubu di satu rangkaian listrik. Akan tetapi di prosesnya, terdapat batasan maksimal pengukurannya. Sedangkan pengukuran menggunakan alat ini yakni pada rangkaian tertutup.

Untuk voltmeter ada tiga bagian lempeng tembaga yang dipasang di sebuah tabung kaca atau plastik. Bagian lempeng luar memiliki fungsi menjadi anode sedangkan bagian tengahnya menjadi katode.

3.  Multimeter

Multimeter dimanfaatkan untuk pengukuran tiga macam listrik. Seperti tegangan listrik, hambatan listrik serta arus listrik. Tentu saja, penggunaannya dapat menyelesaikan masalah kelistrikan di rumah.

Alat tersebut dibedakan menjadi dua jenis. Pertama, yakni tipe analog. Kedua yakni tipe digital. Keduanya sebenarnya memiliki fungsi sama. Namun, tingkat ketelitian dari keduanya yang tertinggi adalah tipe digital.

4. Ohmmeter

Berikutnya yakni ohmmeter. Apabila sebelumnya, beberapa alat ukur kuat arus listrik telah dijelaskan. Sedangkan ohmmeter adalah alat ukur hambatan listrik pada suatu rangkaian tertutup. Spesifiknya, ohmmeter digunakan dalam mengukur daya agar aliran arusnya di konduktor tertahan.

Sebagai contoh, pada pemasangan running text pada sebuah rangkaian listrik yang dipasang saklar untuk memudahkan proses menyalakan serta mematikannya. Rangkaiannya kemudian dibuat tertutup. Sedangkan untuk pengukuran besaran hambatan maka dibutuhkan alat  ini.

5. Wattmeter

Selanjutnya adalah wattmeter, alat ini bisa dijadikan sebagai pengukur listrik. Suatu daya pada listrik pada bisa diukur dengan alat ini memakai satuan watt. Selain itu, wattmeter biasa digunakan dalam pengukuran pada beban DC, beban AC sefase serta beban AC tiga fase.

6. KWH Meter

KWH meter juga seringkali dimanfaatkan dalam melakukan kegiatan mengukur listrik. Namun, penggunaannya lebih banyak diterapkan oleh PLN ketika menentukan total daya yang digunakan konsumen.

KWH meter sendiri meliputi kumparan tegangan, kumparan arus, piringan alumunium serta magnet tetap. Magnet tetap tersebut memiliki fungsi penetralan dari induksi medan magnet serta gear mekanik.

Baca juga: nama alat elektronik dan fungsinnya

7. Megger

Megger dengan nama lain mega ohm meter memiliki fungsi pada pengukuran tahan isolasi dari alat listrik ataupun instalasi listrik. Secara umum, tegangannya termasuk tinggi berupa arus searah. Dimana tegangannya didasarkan kepada tegangan kerja daripada sistem tegangan kerja dari suatu peralatan atau instalasi.

Dalam pengukurannya, memperhatikan alat ini terbebas dari tegangan ACDC jadi sesuatu penting. Hal ini lantaran, tegangannya mengandung induksi sehingga mempengaruhi hasilnya. Jadi, sangat penting memberikan perhatian ketika kegiatan pengukuran. Kesalahan kecil yang dilakukan, dapat memberikan pengaruh signifikan hasilnya.

Ulasan di atas merupakan beberapa alat ukur kuat arus listrik. Macamnya yang beragam dan berbeda memiliki fungsi yang tidak sama satu dengan lainnya. Meski demikian, dengan mengetahui apa saja jenis dan fungsinya akan lebih memudahkan penggunaannya. Semoga membantu.

The post Pahami 7 Alat Ukur Kuat Arus Listrik Ini Beserta Fungsinya appeared first on Sintesa Digitronic.

Go to Source – Speccy Jam » Page not found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.