Menilik Arsitektur Masjid Ar Rahman Blitar yang Mirip Masjid Nabawi

This article is from Speccy Jam » Page not found. Click the title to hop over there.

Masjid Ar Rahman Blitar

Selain menjadi tempat untuk melaksanakan kegiatan ibadah bagi umat Muslim, masjid juga seringkali menjadi tempat wisata keagamaan yang bisa dikunjungi oleh siapa saja. Masjid Ar Rahman Blitar merupakan salah satu yang bisa dijadikan destinasi bila ke Kota Blitar. Memiliki bentuk bangungan unik yang serupa Masjid Nabawi menjadikan Masjid ini seakan mampu mengobati kerinduan umat Islam akan Masjid Nabawi.

Berawal dari obsesi Abah Haryanto, Masjid ini dibangun di lahan 5.000 meter persegi. Suatu keinginan untuk selalu merasakan suasana di Masjid Nabawi saat melaksanakan Ibadah Haji Lah yang pada akhirnya tercetus ide membangun Masjid Ar Rahman. Kemiripan ini dapat dilihat dari arsitektur yang dibangun. Lalu apa saja arsitektur yang membuat Masjid ini mirip dengan Nabawi? Simak ulasannya berikut ini:

1. Menara Masjid Ar Rahman

Menara di Masjid Ar Rahman adalah ornamen pertama dengan arsitektur yang hampir mirip dengan Masjid Nabawi di Madinah. Bangunan yang menjulang tinggi ini nampak cantik dan epic. Ada dua Menara yang menjulang tinggi yang masing-masing berapa di sisi kanan dan kiri Masjid. Bagi jamaah yang pernah berkunjung ke sana pasti akan terkesima.

2. Ornamen Payung di Sekitar Masjid

Salah satu ornamen dengan arsitektur unik dan menyerupai Masjid Nabawi selanjutnya pada Masjid Ar Rahman Blitar adalah Payung di sekitar Masjid. Payung-payung dengan ukuran besar ini berfungsi sebagai pelindung dari terik matahari.

Payung ini juga berdiri dengan kokoh dan sejajar pada sisi kiri dan kanan jalan utama menjadi pintu Masjid. Memiliki fungsi dan kemiripan dengan payung di Masjid Nabawi, nyatanya perbedaan jumlah dan juga ukuran tetap akan terlihat pada ornamen Masjid ini.

3. Corak pada Pilar yang Kokoh

Pilar-pilar yang berdiri kokoh dengan corak hitam dan putih dan lengkungan simetris di bagian atas akan menyambut para Jamaah saat memasuki pintu Utama Masjid. Selain itu pilar-pilar cantik ini juga akan menjulang tinggi hingga pada bagian dalam Masjid Ar Rahman Blitar. Lapisan warna emas juga akan memberikan aksen pada bagian atas pilar sebagai penyangga. Ada juga lampu gantung sebagai cahaya penerang saat malam pada bagian dalam bangunan Masjid.

4. 11 Pintu Masuk yang Cantik

Ornamen cantik lainnya yang akan menarik perhatian Jamaah saat berkunjung ke Masjid ini adalah pintu masuk yang mengelilingi Masjid. Dengan lebar 2 meter dan tinggi 3 meter, pintu masuk yang berjumlah sebanyak 11 ini akan menyambut datangnya Jamaah ke dalam Masjid.  Pintu ini terbuat dari ornamen kayu yang dilapisi oleh tembaga sehingga membuat pintu tampak cantik dan megah disaat bersamaan. Selain itu akan ditemukan juga Kaligrafi pada pintu-pintu cantik ini.

Lihat juga: megahnya masjid Namira Lamongan

5. Mihrab Seakan Berhadapan dengan Ka’bah

Hal lain yang mengesankan dari bangunan Masjid ini adalah arsitektur Mihrab yang di desain semirip mungkin dengan Ka’bah. Ukiran Kaligrafi yang menjulang tinggi pada bagian dinding yang mirip seperti di Ka’bah. Selain itu dinding juga didesain sama dengan keadaan dinding ka’bah yang didominasi warna hitam dan dihiasi corak warna emas.  Ornamen Mihrab ini menjadi salah satu arsitektur yang mengesankan dan membuat Jamaah merasa seakan berada di Ka’bah saat melaksanakan Sholat.

Nah, di atas adalah keunikan bangunan masjid Ar Rahman Blitar yang disebut-sebut sebagai Masjid yang menyerupai Masjid Nabawi di Madinah. Adanya arsitektur megah dan cantik seperti di atas tentunya jam masjid berbunyi tanda berkumandang adzan akan menjadi waktu yang dinanti-nantikan untuk merasakan suasana tenang dan nyaman seperti di Masjid Nabawi.

The post Menilik Arsitektur Masjid Ar Rahman Blitar yang Mirip Masjid Nabawi appeared first on Sintesa Digitronic.

Go to Source – Speccy Jam » Page not found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.