Masjid Cheng Ho Semarang, Inilah 5 Fakta Menariknya!

This article is from Speccy Jam » Page not found. Click the title to hop over there.

Masjid Cheng Ho Semarang

Indonesia merupakan negara dengan populasi muslim terbesar di dunia. Tidak heran rasanya jika persebaran masjid itu ada di seluruh Indonesia bahkan sampai pelosok sekalipun. Selain untuk beribadah, banyak masjid di Indonesia juga beralih fungsi menjadi tempat wisata. Salah satunya adalah Masjid Cheng Ho Semarang

Masjid ini cukup populer di kalangan masyarakat Jawa Tengah. Berikut 5 fakta menarik yang wajib diketahui tentang Masjid Cheng Ho Semarang ini:

1. Sejarah Singkatnya

Merupakan salah satu masjid besar Indonesia dengan nama yang unik. Masjid ini dibangun oleh Laksamana Cheng Ho pada abad ke-14. Diambil dari nama Laksamana Muslim Cheng Ho. Beliau  adalah  seorang penjelajah samudera muslim asal China yang cukup terkenal.Namanya disandingkan dengan pelaut-pelaut Eropa tahun 1400-an.

Bahkan namanya tercatat sebagai perintis navigasi dunia. Beliau juga seseorang yang bisa menciptakan hubungan yang baik antar negara-negara Asia dan Afrika. Masjid ini adalah salah satu bukti beliau pernah menginjakkan kaki di tanah Indonesia khususnya Jawa. Masjid ini juga bukti akulturasi China, jawa dan muslim Indonesia. Bentuknya juga unik yaitu menyerupai klenteng.

Masjid Cheng Ho Semarang

2. Desainnya Unik

Dengan memasukkan tiga unsur sekaligus membuat masjid ini berbeda dengan yang lainnya. Ketiga unsur tersebut adalah Tiongkok, Jawa, dan Timur Tengah. Terdapat tiga pintu yang ada di sebelah kanan, kiri dan tengah dari masjid tersebut.

Bagian dalamnya juga ada tiga yang dibatasi besi berukir. Mihrab masjidnya dibingkai tiang kuning emas dan ukiran kayu yang indah. Mihrab bagian tengahnya lebih tinggi dari bagian kiri dan bagian kanannya. Lantainya dilapisi karpet hijau tebal. Sementara bagian atasnya (langit-langit) berwarna hijau tua dipadukan dengan aksen kayu berwarna kuning-merah.

3. Ada Filosofi di Setiap Bangunan

Langit-langit Masjid Cheng Ho Semarang ini membentuk 8 sisi yang estetik dan dilengkapi lampu hias kecil. 8 sisi ini melambangkan pat kwa yang berarti keberuntungan dalam bahasa Tionghoa.

Untuk menuju bagian tengah masjid ini harus melewati 5 undakan/tangga. Undakan ini juga mempunyai filosofi yang sangat bagus yakni melambangkan 5 rukun Islam. Di bagian jalan masuk sebelah kiri juga ada 6 undakan yang melambangkan 6 rukun iman.

Masjid Cheng Ho Semarang

4. Merepresentasikan Toleransi Antar Umat Beragama Secara Riil

Masjid yang terletak di Jalan Simongan Raya, Semarang ini bersebelahan dengan Klenteng Cheng Ho. Hal ini secara eksplisit mengedukasi tentang toleransi umat beragama pada saat itu. Disini tidak harus yang beragama konghucu saja yang bisa masuk dan sembahyang. Islam pun bisa masuk, nasrani juga bisa. Asal tetap menjaga dan menghormati orang yang sedang sembahyang saja.

Untuk sekarang masjid dan klenteng ini memang sudah dialih fungsikan sebagai tempat wisata. Tidak dibuka secara umum untuk sholat. Namun pada saat jam jadwal sholat kawasan ini  akan ditutup untuk menghormati umat Islam.

Lihat juga: Masjid Cheng Ho Palembang

5. Ada Berbagai Ornamen Khas China

Hanya dengan membayar tiket seharga Rp25.000 bisa masuk dan melihat langsung ornamen masjid ini. Harga tiket masuk kawasan ini berbeda antara wisatawan domestik dengan wisatawan manca negara. Masuk ke klenteng dan masjid ini juga ada tiketnya masing-masing .

Di sini juga bisa melihat patung Laksamana Cheng Ho yang tingginya kurang lebih 10 m. Selain itu di kawasan wisata ini juga disediakan aneka kostum China beserta aksesorisnya. Jadi ketika berkunjung bisa mengabadikannya. Disana juga ada souvenir khas China jadi bisa untuk oleh-oleh.

Itulah 5 fakta menarik tentang Masjid Cheng Ho Semarang yang bisa menjadi destinasi wisata religi yang wajib diketahui!. Selain disuguhkan dengan bangunan yang indah jika berkunjung kesana juga akan mendapatkan pengetahuan tentang konsep toleransi antar umat beragama.

The post Masjid Cheng Ho Semarang, Inilah 5 Fakta Menariknya! appeared first on Sintesa Digitronic.

Go to Source – Speccy Jam » Page not found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.