Masjid Al Ukhuwah Bandung yang Memiliki Fakta Menarik

This article is from Speccy Jam » Page not found. Click the title to hop over there.

Masjid Al Ukhuwah Bandung

Ditemukan sebuah masjid yang memiliki fakta unik sehingga banyak yang menguliknya untuk mengetahui sejarahnya. Sudah banyak sejarah dari masjid Al Ukhuwah Bandung yang terungkap sehingga masih digunakan hingga saat ini. Bangunan yang cukup luas dan unik menjadi poin utama bagi masyarakat mengadakan shalat berjamaah di masjid tersebut.

Fakta Masjid Al Ukhuwah

Masjid ini terletak di Bandung yang sudah lama didirikan yang sebelumnya adalah bangunan lain. Semenjak didirikannya masjid ini menarik banyak orang untuk melakukan shalat secara berjamaah. Faktor lainnya adalah masjid ini memiliki jam waktu sholat yang sesuai untuk adanya adzan yang tepat waktu. Langsung saja fakta menarik dari masjid Al Ukhuwah Bandung, berikut ini:

1. Tempat Berdirinya Loge Sint Jan

Fakta pertama yaitu tempat sebelumnya merupakan bangunan Loge Sint Jan yang dibuat untuk beribadahnya penganut kaum freemason. Sebutan lainnya adalah “Rumah Setan” dikarenakan menjadi tempat melakukan upacara ritual yang asing dan juga aneh bagi masyarakat pada saat itu. Tempat ini pernah memberikan kredit yang ringan dan juga membangun sekolah untuk masyarakat sekitar.

Masjid Al Ukhuwah Bandung

2. Sempat Dibangun Untuk Dijadikan Graha Pancasila

Adanya pelanggaran yang terjadi ketika masih menjadi Loge Sint Jan membuat organisasi di Indonesia melakukan pembongkaran. Setelah pembongkaran tersebut adanya bangunan yang dibangun kembali yaitu Graha Pancasila. Perbedaan bentuk yang dimiliki bangunan sebelumnya dengan Graha Pancasila sangat mencolok di mata masyarakat.

3. Menjadi Tempat Yang Sempit

Bangunan Graha Pancasila dibentuk memanjang yang memakan lahan cukup banyak sehingga menjadi sempit. Tempat parkir yang awalnya luas menjadi sempit dan sedikit yang mengunjunginya.

Bangunan Graha Pancasila diketahui tidak berumur panjang karena kurangnya pengunjung. Berjalannya waktu Graha Pancasila telah tiada dan saat ini menjadi masjid Al Ukhuwah Bandung yang dikenal banyak orang.

4. PNS Memenuhi Masjid

Saat waktunya sholat dzuhur dan ashar, masjid tersebut akan penuh PNS di hari kerja yang akan melaksanakan ibadah. Kantor PNS yang dekat dengan masjid ini menjadi tempat yang akan diramaikan ketika sholat.

Bukan hanya saat dzuhur dan ashar yang ramai pengunjung melainkan jam waktu sholat lainnya dipenuhi masyarakat sekitar. Hingga saat ini masjid Al Ukhuwah terus digunakan dan beroperasi setiap hari.

Masjid Al Ukhuwah Bandung

Baca juga: Masjid Al Safar Bandung

Sejarah Masjid Al Ukhuwah yang Awalnya Berupa Rumah Setan

Rumah setan pada saat itu diramaikan oleh penganut freemason yang akhirnya dibongkar oleh Presiden Soekarno. Kebijakan tersebut terjadi akibat kelompok Loge Sint Jan yang melanggar peraturan di Indonesia. Hal ini membuat banyak masyarakat yang tidak berasal dari daerah tersebut terkejut dan merasa bingung. Namun berjalannya waktu hingga saat ini hal tersebut tidak mengejutkan lagi bagi warga sekitar.

Awalnya bangunan tersebut berbentuk melebar namun setelah pembongkaran yang dijadikan sebuah Graha Pancasila menjadi memanjang. Adanya bentuk bangunan yang memanjang membuat tempat tersebut menjadi sangat sempit sehingga masyarakat sulit parkir kendaraannya. Tidak lama kemudian bangunan Graha Pancasila tersebut tidak digunakan lagi sehingga menjadi masjid yang saat ini banyak dikunjungi.

Masjid Al Ukhuwah Bandung sudah berdiri sejak lama pada tahun 1998 dan digunakan sebaik-baiknya oleh warga sekitar. Bentuk bangunan yang unik dan modern membuat banyak orang merasa nyaman ketika beribadah. Masjid tersebut terus diurus dengan baik agar terus berdiri dan berguna bagi banyak masyarakat yang berkunjung.

Itulah fakta dan sejarah dari masjid Al Ukhuwah Bandung yang saat ini masih menarik wisatawan untuk mengunjunginya. Bentuk bangunan yang indah dan elegan membuat seseorang merasakan kenyamanan saat berada di dalamnya. Selain itu banyak PNS yang meramaikan masjid ini dengan shalat secara berjamaah ketika hari kerja.

The post Masjid Al Ukhuwah Bandung yang Memiliki Fakta Menarik appeared first on Sintesa Digitronic.

Go to Source – Speccy Jam » Page not found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.