Masjid Al Aqsa Klaten, Masjid Luas Dan Megah Di Jawa Tengah

This article is from Speccy Jam » Page not found. Click the title to hop over there.

Masjid Al Aqsa Klaten

Klaten menjadi salah satu kabupaten yang menghubungkan Provinsi DIY dan Provinsi Jawa Tengah. Berada di tengah dua kota besar membuat Klaten menjadi kota yang tidak boleh dilewatkan karena banyak tempat menarik di sana. Salah satu tempat menarik untuk para musafir bersinggah ketika melewati Klaten adalah Masjid Al Aqsa Klaten.

Lokasi Dan Rute

Tempat ibadah ini berdiri dengan megah di Jalan Solo – Yogyakarta sehingga bisa diakses oleh masyarakat yang hendak ke Solo maupun hendak ke Yogyakarta. Kemegahan masjid ini langsung terlihat karena lokasinya benar-benar di dekat jalan besar. Untuk lebih tepatnya, alamat masjid bisa dicari melalui aplikasi peta seperti Google Maps.

Rute untuk menuju ke masjid ini sangat mudah untuk dilalui. Jika ditempuh dari Yogyakarta, maka tinggal lurus ke arah Klaten kemudian ikuti jalan Solo – Jogja dan di kiri jalan akan terlihat masjid besar. Apabila ditempuh dari Solo, maka sama juga berbelok ke arah Klaten kemudian lurus terus hingga menemukan masjid besar di kanan jalan.

Masjid Al Aqsa Klaten

Keunikan Masjid

Salah satu hal yang menyebabkan beberapa masjid di Indonesia ini berbeda adalah keunikannya. Tidak dapat dipungkiri masjid yang satu ini juga memiliki keunikan tersendiri. Maka dari itu, berikut adalah berbagai keunikan di Masjid Al Aqsa Klaten.

  1. Dibangun Di Lahan Bekas Terminal

Bangunan masjid yang terlihat mewah ini dahulunya menjadi terminal bus. Lahan tempat dibangunnya tempat ibadah ini berukuran sekitar 5.200 meter persegi termasuk dengan lahan parkirnya.

  1. Memiliki Menara Pandang

Beberapa masjid di Indonesia memiliki menara yang menjulang tinggi, namun untuk menara pandang hanya ada beberapa di Indonesia. Satu dari beberapa masjid dengan menara pandang adalah masjid ini. Dibangun di atas menara masjid setinggi 66,66 menara pandang akan  dibangun di ketinggian 35 meter.

  1. Arsitektur Bergaya Timur Tengah

Jika dilihat dari luar, masjid ini sudah terlihat menggunakan arsitektur yang bergaya timur tengah. Hal ini dinilai cukup unik karena biasanya beberapa masjid besar terutama di Jawa tetap memasukkan sentuhan budaya Jawa di dalamnya.

Masjid Al Aqsa Klaten 5

Kegiatan masjid untuk ibadah sehari-hari berada di lantai dua, dengan total lantai sebanyak tiga lantai. Masjid ini juga menyediakan lift untuk yang tidak kuat berjalan. Selain itu, terdapat juga mihrab atau tempat sholat untuk imam yang tingginya sekitar 10 meter dengan hiasan surah Al Fatihah berwarna emas. Terdapat juga jam masjid digital running text. Kubah bagian dalam masjid juga ikut berhiaskan tulisan arab.

  1. Pohon Kurma

Tidak cukup hanya menara yang menjadi ikon dari masjid ini, pohon kurma juga menjadi keunikan yang ada di masjid ini. Penanaman pohon kurma ini dilakukan di bulan Februari 2021 dan dihadiri oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani.

Jenis pohon kurma yang ditanam di masjid ini adalah kurma ajwa dengan jumlah bibit pohon sebanyak sembilan buah. Rojali Ismail Umit yang mana merupakan seorang pengusaha asal Surakarta menjadi donatur untuk bibit pohon kurma ini.

Baca juga: Masjid Agung Jawa Tengah

  1. Taman Dan Lahan Parkir Luas

Selain lahan masjid yang luas, taman sekaligus lahan parkir juga bisa dibilang luas. Beberapa bagian di sekitar masjid ini dulunya merupakan sebagian bangunan salah satu sekolah menengah di Klaten. Bangunan tersebut beberapa digusur yang kemudian menjadi taman dan parkiran.

Jawa Tengah memiliki satu lagi tempat ibadah yang unik, yaitu Masjid Al Aqsa Klaten. Diresmikan di tahun 2015, tempat ibadah ini memiliki keunikan yang tidak ada di masjid lain. Selain itu, di area masjid juga disediakan jam waktu sholat yang memudahkan para musafir dalam mengetahui waktu ibadah, dikarenakan waktu di Indonesia berbeda-beda

The post Masjid Al Aqsa Klaten, Masjid Luas Dan Megah Di Jawa Tengah appeared first on Sintesa Digitronic.

Go to Source – Speccy Jam » Page not found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.