Hubungan Arus Pendek Dalam Rangkaian Listrik Adalah Korsleting, Berikut Penyebabnya

This article is from Speccy Jam » Page not found. Click the title to hop over there.

Hubungan Arus Pendek Dalam Rangkaian Listrik Adalah Berbahaya

Berbicara tentang arus listrik tentu erat kaitannya dengan korsleting atau hubungan pendek. Hubungan arus pendek dalam rangkaian listrik adalah suatu keadaan atau hubungan yang memiliki tahanan listrik rendah, sehingga berakibat pada membesarkan arus listrik yang bisa menyebabkan kebakaran.

Meski tergolong dalam suatu kejadian yang mengerikan dan berbahaya, namun banyak orang yang tidak mengetahui hal ini. Misalnya, terkait apa itu hubungan arus pendek maupun penyebabnya. Di bawah ini akan diberikan pemaparannya.

Pengertian Hubungan Arus Pendek

Hubungan arus pendek atau dikenal juga dengan korsleting adalah istilah dari bahasa Belanda kortsluiting. Secara umum, hubungan langsung antara konduktor negatif dengan positif bisa mengakibatkan korsleting terjadi.

Bahan korsleting pada suatu rangkaian listrik dapat menyebabkan suatu kebakaran besar yang menimpa suatu rumah ataupun lokasi tertentu. Kejadian ini juga dikarenakan berbagai hal. Seperti, adanya sambungan kabel tanpa memperhatikan kutub-kutubnya atau terdapat konduktor tanpa penutup yang sesuai.

Bertemunya kutub listrik yang tak seharusnya tersebut bisa menghasilkan panas yang teramat secepat mungkin. Biasanya diiringi pula dengan panas yang berlebihan, bahkan ledakan sekalipun. Dengan adanya ledakan, otomatis barang-barang yang ada disekitarnya berpotensi terbakar juga. Alhasil, apinya yang terpercik dapat merambat ke seluruh rumah atau lokasi dan berakibat fatal.

Penyebab Hubungan Arus Pendek

Ada beberapa kasus kebakaran yang terjadi di Indonesia, karena korsleting atau hubungan arus pendek. Hal ini lantaran, kurangnya pengetahuan kelistrikan warga di Indonesia. Banyak yang hanya sekedar menggunakan atau memasang tanpa mengetahui caranya. Untuk itu, penting untuk diketahui penyebab korsleting. Berikut ulasannya:

1. Kabel Rusak Yang Terabaikan

Sebagian orang akan mengabaikan kerusakan kecil pada kabel di rumahnya. Orang-orang menganggap itu hal sepele dan tidak akan memberikan efek besar. Padahal, anggapan tersebut sangat salah besar. Kabel yang rusak meskipun kecil akan mengakibatkan korsleting.

Seperti yang telah disebutkan di awal bahwa hubungan arus pendek dalam rangkaian listrik adalah sesuatu hal yang berbahaya. Misalnya, dalam pemasangan running text di suatu toko, tentunya harus memperhatikan kabel-kabelnya. Pastikan pula tidak ada kerusakan di setiap sisinya, agar tidak menimbulkan bahaya.

2. Instalasi Listrik Bermasalah

Kurangnya pengetahuan akan bagaimana cara memasang instalasi listrik yang baik membuat  banyak orang Indonesia  mengalami kejadian buruk yang tidak diinginkan. Sebagian besar, lebih baik memasang instalasi sendiri dengan biaya murah tanpa mengetahui apakah instalasinya telah terpasang dengan baik.

Akibatnya, instalasi listrik yang bermasalah tersebut akan menimbulkan korsleting dan menyebabkan kebakaran ada rumahnya bahkan rumah lainnya. Sebaiknya, biarkan instalasi listrik dipasang oleh para ahli di bidangnya, sehingga bisa meminimalisir resiko yang akan terjadi.

3. Tumpukan Colokan

Tempat pencolok aliran listrik memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Seringkali, meski kapasitasnya sedikit namun dipaksa dengan banyaknya perangkat tersambung sembari memanfaatkan T di tiap sisinya.

Otomatis, hal tersebut akan  menyebabkan suatu masalah yang bisa saja timbul di kemudian hari hari. Colokan yang menumpuk-numpuk akan berpotensi korslet. Lantaran, panasnya suhu yang ditimbulkan dari aliran listrik terjebak dan menjadikannya korslet.

Baca juga: macam macam alat pengukur kuat arus listrik

4. Peralatan Listrik Basah

Tanpa disadari, instalasi ataupun peralatan listrik yang telah terpasang terkena suatu cairan tertentu dan basah. Misalnya, terkena tetesan air hujan ataupun tanpa disadari terkena air minum atau cairan lainnya. Kejadian tersebut tentu akan berakibat buruk pada peralatan listrik yang telah terpasang.

Kemungkinan besarnya akan terjadi korslet yang menyebabkan kebakaran. Untuk itu, penting untuk memperhatikan peralatan listrik atau instalasinya. Apakah berada di tempat yang sesuai dan tidak akan terkena cairan tertentu, sehingga korslet pun tidak akan terjadi.

Nah, ulasan di atas berbicara mengenai hubungan arus pendek dalam rangkaian listrik adalah sesuatu yang membahayakan. Dijelaskan pula pengertiannya dan apa pula penyebabnya. Semoga pengetahuan ini memberikan input positif serta memberikan pemahaman bagi orang-orang yang masih menyepelekan perihal listrik dan instalasinya.

The post Hubungan Arus Pendek Dalam Rangkaian Listrik Adalah Korsleting, Berikut Penyebabnya appeared first on Sintesa Digitronic.

Go to Source – Speccy Jam » Page not found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.