Cara Menggambar Masjid yang Mudah dan Bagus, Ngabuburit Seru Bersama Anak

This article is from Speccy Jam » Page not found. Click the title to hop over there.

Cara Menggambar Masjid yang Mudah

Sering bingung mencari kegiatan ngabuburit bareng anak? Ide belajar cara menggambar masjid yang mudah dan bagus mungkin bisa dijadikan pilihan.

Bagi anak yang baru belajar berpuasa, kiranya ngabuburit sangat diperlukan. Oleh karenanya, orang tua harus pintar-pintar mencari kegiatan yang bisa mengalihkan anak dari rasa jenuh menunggu waktu berbuka puasa.

Selain menyenangkan, kegiatan menggambar juga bermanfaat bagi perkembangan anak. Di antaranya dapat membuat anak lebih ekspresif, mengembangkan imajinasi, meningkatkan keterampilan motorik, serta mendatangkan pikiran positif.

Belajar cara menggambar masjid juga bisa dijadikan sarana untuk mengajarkan nilai-nilai agama kepada anak. Untuk mengetahui bagaimana cara menggambar masjid yang mudah dan bagus, simak penjelasan artikel berikut! Langkah-langkahnya simpel dan mudah dicontoh.

1. Menggambar Kubah

Salah satu cara menggambar masjid yang mudah dan bagus ialah dengan menggambar kubah masjid di awal. Langkah pertama adalah dengan menggambar kubah masjid terlebih dahulu. Caranya, gambar dua buah garis horizontal, yang bawah dibuat lebih panjang daripada garis horizontal yang atas.

Kemudian, hubungkan kedua garis tersebut dengan garis pendek yang tegak lurus. Lalu, gambar garis melengkung di atas kedua garis horizontal tadi membentuk kubah. Pastikan kedua sisi lengkungan kubah simetris agar terlihat rapi dan presisi. Jangan lupa memberi sudut lancip di bagian tengah atas kubah serta gambar bulan sabit dan bintang di atasnya.

2. Menggambar Bagian Atap

Cara menggambar bagian atap masjid yang simpel adalah dengan membuat beberapa garis horizontal lagi dibawah gambar kubah. Garis horizontal di bagian bawah harus lebih panjang dari atasnya. Kemudian, hubungkan garis-garis horizontal tersebut dengan garis vertikal pendek.

Sembari mengajari anak menggambar, orang tua juga bisa menyisipkan nilai-nilai agama dan moral kepada anak. Saat mengajari anak cara menggambar, orang tua dapat menceritakan tentang fungsi masjid hingga adab pergi ke masjid.

3. Menggambar Dinding dan Teras Masjid

Langkah selanjutnya adalah dengan menggambar bagian dinding dan teras masjid. Caranya ialah dengan menggambar garis vertikal tegak lurus sebagai dinding masjid. Di bawah gambar dinding, gambar tiga garis horizontal yang sama panjang.

4. Menggambar Menara

Untuk menambah kesan indah dan megah, maka perlu ditambahkan gambar menara di sisi kiri dan kanan masjid. Gambar menara masjid umumnya berjumlah 2-4 menara. Caranya dengan menggambar dua buah kotak terlebih dahulu secara bertumpuk. Pastikan kotak yang atas ukurannya lebih kecil daripada kotak yang bawah.

Lalu, gambar dua buah garis diagonal yang melebar ke atas. Ulangi gambar tersebut 2-3 kali. Jangan lupa tambahkan gambar kerucut atau bisa juga ditambahkan gambar kubah kecil di puncak menara. Lakukan langkah tersebut untuk menggambar menara masjid di sisi yang lain.

Baca juga: gambar masjid untuk lomba mewarnai

5. Menggambar Pintu dan Jendela Masjid

Sebuah gambar masjid harus disertai gambar pintu dan jendelanya juga. Untuk menggambar pintu dan jendela masjid yang simpel, umumnya dengan menggambar dua buah garis vertikal dan satu garis horizontal di bawah.

Kemudian gambar melengkung untuk bagian atasnya. Biasanya gambar pintu masjid berada di tengah, sedangkan gambar jendela dibuat lebih kecil dan terletak di sebelah kanan dan kiri pintu. Jika sudah, maka sketsa gambar masjid pun siap untuk diwarnai.

6. Mewarnai Gambar Masjid

Mewarnai adalah salah satu bagian yang paling menyenangkan dari proses menggambar. Pada proses ini, alangkah baiknya membiarkan anak bebas mewarnai sesuai dengan kreatifitasnya. Hal tersebut dapat melatih imajinasi dan emosi anak. Akan tetapi, orang tua harus tetap mengawasi dan membimbing anak selama proses mewarnai.

Demikianlah artikel tentang cara menggambar masjid yang mudah dan bagus. Masjid dikenal sebagai tempat peribadatan orang muslim di seluruh dunia.

Oleh karena itu, dengan mengajak anak belajar menggambar masjid, orang tua dapat mengajari anak untuk lebih mengenal masjid agar anak segera melaksanakan sholat ke masjid ketika jam masjid telah berkumandang adzan. Hal tersebut tentunya sangat baik untuk menambah wawasan anak dengan cara yang sederhana dan menyenangkan, apalagi pada momen bulan Ramadhan.

The post Cara Menggambar Masjid yang Mudah dan Bagus, Ngabuburit Seru Bersama Anak appeared first on Sintesa Digitronic.

Go to Source – Speccy Jam » Page not found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.