6 Nama Masjid dan Artinya, Semuanya Indah dan Sangat Bermakna

This article is from Speccy Jam » Page not found. Click the title to hop over there.

Nama Masjid dan Artinya

Sebagai salah satu negara dengan jumlah muslim terbanyak, Masjid bukanlah hal asing lagi di Indonesia. Keberadaan Masjid atau tempat ibadah umat muslim, sangatlah banyak di Indonesia. Masjid biasanya memiliki nama, yang diambil dari Asmaul Husna atau nama-nama baik Allah SWT. Berikut 6 nama Masjid dan artinya, yang memiliki makna dan arti indah.

1. Masjid Ar Rahman

Nama Masjid yang pertama ialah Masjid Ar Rahman. Banyak sekali Masjid di Indonesia, yang menggunakan nama Ar Rahman. Ar Rahman merupakan salah satu Asmaul Husna atau nama-nama baik Allah SWT. Arti dari Ar Rahman sendiri ialah Yang Maha Pengasih. Allah SWT sangat mengasihi seluruh umat nya.

Nama Ar Rahman diharapkan, bisa di contoh oleh umat manusia. Saling berbagi dan mengasihi, seperti yang diajarkan oleh Allah SWT.

2. Masjid Al Quddus

Selanjutnya ialah Masjid Al Quddus, yang juga diambil dari Asmaul Husna. Nama masjid dan artinya satu ini, juga banyak digunakan oleh Masjid di Indonesia. Al Quddus sendiri memiliki arti Yang Maha Suci. Seperti yang diketahui, Masjid itu merupakan tempat ibadah yang suci, sama seperti Allah SWT.

Itulah mengapa diberi nama Al Quddus, yang berarti suci. Maka dari itu, kebersihan di masjid dijaga ketat. Semua orang yang mau masuk, diharuskan melepaskan alas kaki, serta berwudhu terlebih dahulu. Sebab jika terkena najis atau kotoran, ibadah yang dilakukan di Masjid bisa tidak sah.

3. Masjid Al Muqarrabin

Nama masjid berikutnya ialah Masjid Al Muqarrabin. Berbeda dengan dua nama sebelumnya, nama Masjid dan artinya ini diambil dari sebuah makna. Al Muqarrabin memiliki arti malaikat yang diistimewakan Allah. Tentu saja semua malaikat itu istimewa, namun malaikat-malaikat ini memiliki keistimewaan yang lebih menurut Allah SWT.

Malaikat yang termasuk kedalam Al Muqarrabin ialah Mikail, Jibril, dan Israfil. Dari ketiganya, Mikail dan Jibril lah yang paling istimewa. Sebab keduanya sering diperintah oleh Allah, untuk membantu para Rasul dan Nabi.

4. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal merupakan masjid di Indonesia, yang terletak di Jakarta. Bisa dibilang Masjid Istiqlal menjadi salah satu ikon Indonesia. Masjid paling besar se-Asia Tenggara ini, memiliki arti merdeka dalam namanya. Istiqlal merupakan bahasa Arab, yang artinya merdeka. Pasalnya, masjid ini memang dibangun, dalam rangka merayakan kemerdekaan Indonesia.

Masjid yang dibangun selama 17 tahun ini, kini menjadi destinasi wisata Indonesia. Banyak turis yang takjub, dengan kemegahan dari Masjid Istiqlal.

5. Masjid Al Kautsar

Selain diambil dari Asmaul Husna, banyak juga nama masjid yang diambil dari surat Al Qur’an. Seperti misalnya Masjid Al Kautsar, yang diambil dari surat Al Kautsar. Al Kautsar sendiri memiliki arti tentang melimpahnya nikmat dari Allah SWT.

Jadi dijelaskan dalam surat Al Kautsar, orang yang beriman akan mendapatkan nikmat yang melimpah. Itulah mengapa Al Kautsar digunakan sebagai nama masjid, untuk menjadi penyemangat manusia dalam beribadah.

6. Masjid An Nuur

An Nuur juga sering digunakan, sebagai nama sebuah Masjid. Arti dari An Nuur ialah Yang Maha Bercahaya, dan diambil dari Asmaul Husna. Jadi bisa diartikan jika Masjid merupakan tempat yang penuh cahaya. Pasalnya, di dalam Masjid banyak orang beriman yang memiliki cahaya di pandangan Allah SWT.

Itulah 6 nama Masjid dan artinya, yang sangat indah dan juga bermakna. Nama-nama Masjid tersebut, juga sebagai bentuk doa kepada Allah SWT. Selain bentuk doa, nama masjid tersebut juga sebagai bentuk cinta kepada Allah SWT

The post 6 Nama Masjid dan Artinya, Semuanya Indah dan Sangat Bermakna appeared first on Sintesa Digitronic.

Go to Source – Speccy Jam » Page not found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.