5 Masjid Karya Ridwan Kamil Ini Patut Diapresiasi

This article is from Speccy Jam » Page not found. Click the title to hop over there.

Masjid Karya Ridwan Kamil

Ridwan Kamil atau yang biasa disebut Kang Emil merupakan gubernur di Provinsi Jawa Barat. Sepak terjangnya dalam memimpin Jawa Barat memang tidak perlu diragukan lagi. Selain menjabat sebagai gubernur, Kang Emil juga memiliki segudang karya, salah satunya adalah masjid. Berikut ini adalah beberapa masjid karya Ridwan Kamil yang memukau.

1. Masjid Raya Sulawesi Selatan

Masjid Karya Ridwan Kamil

Masjid ini benar-benar didesain dengan unik karena didirikan di dekat Pantai Losari yang merupakan landmark dari kota Makasar. Masjid 99 kubah karena terdapat 99 kubah yang dibangun di masjid ini, dimana 99 kubah tersebut mencerminkan nama-nama Allah atau asmaul husna yang berjumlah 99. Kubah tersebut didesain dengan warna yang sangat cantik sehingga begitu indah dipandang ketika senja tiba.

Pembangunan masjid ini mulai tahun 2015 hingga tahun 2019. Dengan dibangunnya masjid ini diharapkan dapat menjadi pelopor peradaban islam di bagian timur Indonesia. Selain dapat digunakan sebagai tempat ibadah, masjid karya Ridwan Kamil ini dapat digunakan sebagai spot foto yang instagramable.

2. Masjid As Safar

Masjid Karya Ridwan Kamil

Tempat ibadah ini didirikan untuk para musafir yang sedang dalam perjalanan ke suatu tempat yang jauh. Terletak di kawasan Rest Area Tol Cipularang KM 88 menjadikan siapa saja mudah untuk singgah di tempat ini. Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini juga dapat dijadikan sebagai tempat singgah sementara dan untuk melepas penat setelah lama di perjalanan.

Tempat ibadah ini sempat menuai pro kontra karena banyak yang beranggapan bahwa bentuknya segitiga yang dikaitkan dengan iluminati. Padahal bentuk masjid ini sebenarnya adalah trapesium yang berkiblat pada arsitektur islam zaman dulu yang berkutat di bidang geometri. Bahkan, karya Ridwan Kamil ini pernah masuk ke dalam nominasi masjid dengan arsitektur terbaik.

3. Masjid Raya Al Azhar

Masjid Karya Ridwan Kamil

Dinamakan Masjid Al Azhar karena masjid ini didirikan pada kompleks sekolah Al Azhar yang berada di Summarecon Bekasi. Uniknya, masjid ini tidak memiliki kubah karena masjidnya didesain berbentuk kotak. Untuk menambah nilai estetik, Ridwan Kamil mendesain masjidnya penuh dengan batu bata merah.

Jika dilihat sekilas, masjid ini memiliki lubang yang berbentuk setengah lingkaran. Lubang tersebut menghadap langsung ke halaman karena memang fungsinya sebagai penanda kiblat. Selain itu, lubang ini berfungsi juga sebagai ventilasi udara layaknya jendela. Masjid ini dilengkapi dengan jam jadwal sholat sehingga pengunjung tidak akan merasa kebingungan.

4. Masjid Terapung Al Jabbar

Masjid Karya Ridwan Kamil

Masjid megah nan mewah kembali dihadikan oleh Kang Emil. Kali ini masjid tersebut didirikan di kawasan Bandung yaitu di daerah Gedebage. Masjid ini didirikan di atas danau sehingga sering disebut sebagai masjid terapung. Tak main-main, masjid ini memiliki luas sekitar 21 ha dan desainnya pun sangat memukau terutama di malam hari.

Masjid Terapung Al Jabbar sudah diresmikan pada tahun 2020 lalu sehingga sekarang sudah dapat digunakan sebagai tempat ibadah. Masjid ini juga digadang-gadang sebagai ikon barunya kota Bandung. Sebagai warga Kota Bandung pastinya wajib mengunjungi masjid keren ini.

5. Masjid Raya Asmaul Husna

Masjid Karya Ridwan Kamil

Masjid ini didominasi dengan warna hijau dan terdapat dinding yang bertuliskan asmaul husna yang berjumlah 99. Masjid Raya Asmaul Husna didirikan sebelum Ridwan Kamil menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat. Masjid ini berada di Tangerang yaitu sekitar wilayah Serpong.

Kelima masjid karya Ridwan Kamil tersebut memiliki keistimewaannya tersendiri. Selain nyaman untuk beribadah, masjid-masjid tersebut juga didesain dengan menarik agar indah ketika dipandang. Jika sedang berada di kota tersebut, jangan lupa untuk mengunjungi masjidnya.

The post 5 Masjid Karya Ridwan Kamil Ini Patut Diapresiasi appeared first on Sintesa Digitronic.

Go to Source – Speccy Jam » Page not found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.