5 Fakta Masjid Islamic Center Pasir Pengaraian

This article is from Speccy Jam » Page not found. Click the title to hop over there.

Masjid Islamic Center Pasir Pengaraian

Masjid Islamic Center Pasir Pengaraian merupakan masjid terbaik yang cukup populer di Provinsi Riau. Dimana, lokasi tepatnya dari masjid ini berada di Kecamatan Pasir Pengaraian, Kabupaten Rokan Hulu. Berikut ini fakta yang dimiliki bangunan Masjid Islamic Center tersebut, yaitu :

1. Pusat Islam Di Provinsi Riau

Kelebihan pertama yang dilakukan ketika melakukan  pembangunan Masjid Islamic Center Pasir Pengaraian berguna sebagai pusat Islam. Banyak masyarakat di Provinsi Riau berwisata religi di tempat ini. Ditambah lagi, ini merupakan masjid pertama yang dibangun dalam ukuran skala besar.

Pembangunan dari masjid ini dibangun oleh Bupati Kabupaten Rokan Hulu, yaitu Drs. H Achmad. Adapun realisasi dari dibangunnya Masjid ini yaitu di tahun 2008. Selanjutnya, masjid ini diresmikan dengan kehadiran Ustad KH. Zainuddin MZ .

2. Dibangun Di Kawasan Yang Luas

Kelebihan kedua dari dibangunnya Masjid Islamic Center Pasir Pengaraian yaitu dibangun di kawasan yang luas. Luas dari pembangunan masjid ini yakni 22 hektar, dengan luas 15.800 meter. Selanjutnya, daya tampung dari masjid ini  20.000 jamaah, sehingga membutuhkan pekerja.

Pembangunan dari masjid ini sepenuhnya didanai dari dana APBD Rokan Hulu. Dana yang dihabiskan dalam melakukan pembangunan ini mencapai 400 milyar. Pelaksanaannya juga dilakukan sepenuhnya oleh beberapa perusahaan besar yang ada di Riau.

Masjid Islamic Center Pasir Pengaraian

3. Dikelola Oleh Pengelolaan Bidang Madani

Hal lainnya yang menyertai pembangunan Masjid ini, dikelola langsung oleh Badan Pengelola Masjid Agung Madani. Selain itu, pengelolaan Masjid diketuai oleh beberapa pejabat penting yang ada di Rokan Hulu. Selain itu, masjid ini dibangun sebanyak 44 pekerja handal.

Bahkan, saat masjid ini selesai dibangun, banyak masyarakat yang direkrut menjadi pegawai. Diantaranya, yaitu bekerja sebagai petugas kesehatan, pegawai sekretariat, pekerja taman, dan cleaning service. Mempunyai fitur yang modern.

Kelebihan lainnya yang menjadi ciri khas dari Masjid Islamic Center Pasir Pengaraian yaitu memiliki banyak fitur moderen. Salah satu sisi bangunan terpenting dari Masjid ini memiliki Plaza dengan Arcade yang mengelilinginya. Ditambah lagi arsitektur bangunan Masjid ini memiliki konsep gaya Arabian.

Selain itu, masjid ini mempunyai kubah yang sangat besar berdiameter mencapai 25 meter. Atap utama dari bangunan ini memiliki 4 menara di setiap sudutnya, dengan tinggi 66,66 meter. Kemudian, Masjid ini mempunyai menara setinggi hingga 99 meter, sehingga terlihat megah.

Masjid Islamic Center Pasir Pengaraian

4. Dinding Dipenuhi Hiasan Kaligrafi

Berikutnya, keindahan lain dari Masjid ini yaitu memiliki hiasan dinding bertuliskan Kaligrafi. Hiasan tersebut, berada di bagian atas pintu hingga sisi kanan dan kiri bangunan. Lalu, pada setiap penamaan masjid tersebut juga menggunakan nama-nama sahabat nabi.

Misalnya penamaan yang digunakan tersebut adalah Aisyah, Usman bin Affan, Khadijah, Umar bin Khattab, dan Abu Bakar Ash Shiddiq. Tujuan dari penamaan tersebut adalah agar masyarakat lebih mengenal nama dari sahabat nabi tersebut. Sehingga, tidak akan pernah terlupakan.

Masjid Islamic Center Pasir Pengaraian

Lihat juga: megahnya masjid raya Sumatera Barat

5. Memiliki Agenda Rutinitas Islami

Terakhir, masjid ini memiliki agenda islami yang sangat terjadwal dan teratur. Sehingga, ini akan memudahkan menyelenggarakan buka puasa setiap hari Senin dan Kamis, I’tikaf bersama sekali dalam sebulan serta kegiatan peringatan hari besar Islam.

Masjid ini juga dilengkapi oleh sound system, multimedia, jam masjid, dan penyejuk ruangan. Selain itu, di Masjid ini juga memiliki banyak sekali acara spesial, terkhusus acara saat di bulan Ramadhan. Banyak sajian ceramah disediakan baik sahur atau berbuka untuk 500 orang setiap harinya.

Demikianlah informasi menarik mengenai keindahan yang dimiliki Masjid Islamic Center Pasir Pengaraian. Semoga, info ini bisa memberikan inspirasi kepada seluruh masyarakat untuk lebih mengenal Islam lebih dekat.

The post 5 Fakta Masjid Islamic Center Pasir Pengaraian appeared first on Sintesa Digitronic.

Go to Source – Speccy Jam » Page not found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.