11 Masjid Terbesar di Indonesia dan Keindahannya

This article is from Speccy Jam » Page not found. Click the title to hop over there.

Hingga saat ini, telah tersebar berpuluh-puluh masjid terbesar di Indonesia yang keberadaanya hampir terdapat di setiap pulau. Tempat ibadah umat Muslim tersebut dibangun dengan arsitektur megah dan dapat menampung hingga ratusan ribu jamaah.

Macam-macam Masjid Terbesar di Indonesia

Sebagai umat Muslim, maka untuk meningkatkan rasa keimananan dalam diri rasanya Anda sekali-kali juga perlu melakukan wisata religi ke berbagai masjid terbesar dan terkenal yang sudah tersebar di seluruh Indonesia. Berikut ulasannya:

  1. Masjid Islamic Center Samarinda

masjid terbesar di Indonesia

Masjid Islamic Center yang terletak di Kota Samarinda Kalimantan Timur adalah merupakan tempat ibadah umat muslim terbesar kedua di Asia Tenggara. Ia mampu menampung para jamaah hingga berjumlah 120.000 orang.

Bangunan dari masjid megah yang satu ini terkesan unik karena manghadap langsung ke Sungai Mahakam. Oleh sebab itu, maka setiap harinya Islamic Center Samarinda memang selalu ramai terhadap kunjungan wisatawan untuk berwisata religi.

  1. Masjid Istiqlal

masjid terbesar di indonesia

Mungkin Anda sudah tidak Asing lagi dengan nama masjid Istiqlal. Setiap warga Muslim di Indonesia tentu saja mengetahui bahwa hal tersebut merupakan tempat ibadah umat Islam yang memang sudah masyhur. Ia terletak di Ibu Kota Jakarta dan persis di berhadapan dengan gereja.

Masjid yang satu ini merupakan salah satu tempat ibadah terbesar di Asia Tenggara. Ia dapat menampung hingga 200.0000 jamaah. Tidak hanya untuk aktivitas shalat dan keagamaan saja, tetapi kini Istiqlal juga difungsikan sebagai tempat wisata religi bagi masyarakat umum.

  1. Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya

Sejatinya, pembangunan Masjid Al-Akbar Surabaya merupakan hibah dari pemerintah Arab Saudi dalam rangka mengenang para syuhada’ jamaah haji Indonesia yang wafat pada kecelakaan pesawat terbang tahun 1974 di Colombo.

Masjid yang dibangun pada 4 Agustus 1995 ini terletak di daerah Pagesangan Surabaya. Ia mampu menampung jamaah hingga 60.000 orang. Di samping itu, Al-Akbar juga terkenal akan keunikan desain kubahnya yang membentuk daun.

  1. Masjid Baiturrrahman Aceh

masjid terbesar di Indonesia

Saat terjadi bencana tsunami di Aceh pada tahun 2004, nama Masjid Baiturrahman begitu terkenal karena bangunannya tidak rusak sama sekali. Tempat ibadah yang satu ini tetap kuat dan kokoh walaupun bangunan-bangunan megah di sekitarnya luluh lantak tak tersisa.

Masjid ini menjadi salah satu yang termegah di Indonesia karena desain arsitekturnya mengusung gaya Turki usmani. Di samping itu, di sekitarnya juga terdapat banyak hiasan air mancur yang menjadikan suasananya menjadi sejuk.

  1. Masjid Kubah Mas

masjid terbesar di Indonesia

Masjid Dian Al-Mahri atau yang terkenal dengan nama Kubah Mas berlokasi di Jalan Maruyung Raya Depok Jawa Barat. Tempat ibadah megah ini merupakan salah satu yang terbesar dengan luas area 70 hektar dan dapat menampung hingga 200.000 jamaah.

Masjid Kubah Mas tersebut dianggap sangat unik karena kubahnya diberi hiasan relief berlapis emas 18 karat. Ia juga menjadi salah satu destinasi wisata religi yang wajib dikunjungi oleh masyarakat ketika singgah di Jawa Barat. Tersedia juga jam masjid untuk mengingatkan jadwal shalat.

  1. Masjid Raya Makassar

masjid terbesar di Indonesia

Jika Anda sedang berada di Kota Makassar, maka jangan lupa untuk berkunjung ke Masjid Agung yang berada di sana. Ia menjadi salah satu tempat ibada muslim terbesar kedua di Sulawesi Selatan. Tempatnya mampu menampung paling banyak 60.000 jamaah.

Masjid Raya Makassar ini juga memilki tempat pakir serta halaman yang sangat luas. Tidak hanya itu saja, di sana juga terdapat ciri khas tersendiri yakni keberadaan jam shalat dan Al-Qur’an raksasa berukuran 1 m x 1,5 m serta memilki berat 584 kg.

  1. Masjid At-Tiin

masjid terbesar di Indonesia

Masjid At-Tiin terletak di dalam lingkungan Taman Mini Indonesia Indah Jakarta. Ia merupakan salah satu tempat ibadah umat Islam terbesar yang ada di Indonesia. Pemberian namanya diambilkan dari surat di dalam Al-Qur’an yakni At-Tiin dengan arti buah manis, enak dan lezat.

Masjid ini mulai dibangun sejak tahun 2000 Masehi di atas lahan dengan luas 70.000 meter persegi. Ia sendiri mampu menampung jamaah hingga 60.000 orang. Di sana juga terdapat aula besar untuk keperluan rapat dan seminar dengan kapasitas 2.000 peserta lengkap dengan jam waktu shalat.

  1. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah dibangun di atas lahan yang terletak di Kota Semarang sebagai ibukota provinsinya. Pembangunannya dimulai pada tahun 2001 dan selesai pada 2006 silam. Kemudian, peresmiannya dilakukan oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono di tanggal 14 November 2006.

Masjid ini tergolong besar dan bisa menampung jamaah dengan jumlah hingga 15.000 orang. Di halamannya juga dilengkapi payung otomatis yang bisa mengembang serta menguncup seperti layaknya di Masjid Nabawi Madinah.

  1. Masjid Agung An-Nur Riau

masjid terbesar di Indonesia

Jika Anda ingin melihat Taj Mahal versi Indonesia, maka datanglah saja ke Masjid An-Nur yang berada di Provinsi Riau. Ia telah berdiri sejak tahun 1963 dan diresmikan oleh Gubernur Kaharudin Nasution pada 19 Oktober 1968.

Masjid ini tergolong luas hingga dapat menampung jamaah hingga 4.500 orang. Arsitek pembangunannya adalah Ir. Roseno yang mengusung tema arsitektur khas India. Halaman masjidnya juga lumayan luas dan indah dengan dihiasi oleh taman-taman hijau nan asri pada setiap pojokannya. Tidak heran jika waktu adzan dan iqomah tiba, banyak orang yang pergi shalat.

  1. Masjid Al-Markaz Al-Islami

masjid terbesar di Indonesia

Masjid Al-Markaz Al-Islami merupakan salah satu tempat ibadah umat Islam yang terbesar di Makassar selain Masjid Raya. Gaya arsitekturnya sangat unik, yakni antara perpaduan gaya Bugis-Makassar, Gowa dan juga Arab dengan dominasi cat berwarna hijau.

Lantai dari Masjid yang satu ini terbuat dari batu granit bercahaya yang akan membuat kesan bentuk orang-orang di dalamnya menjadi lebih besar. Daya tampung jamaah dari Al-Markaz Al-Islami bisa mencapai hingga 10.000 orang.

Lihat juga: masjid 3 kubah di Indramayu

  1. Masjid Agung Al-Falah Jambi

masjid terbesar di Indonesia

Jika Anda masih pertamakali melihat penampakan Masjid Agung Al-Falah Jambi pasti akan timbul kesan takjub, karena memang desain interior dan eksteriornya sangat unik tanpa pintu serta jendela di setiap ruangannya.

Desain tanpa pintu dan jendela yang diterapkan pada masjid ini memmpunyai filosofi tersendiri yakni untuk menyambut tamu dengan tangan terbuka. Ia juga mempunyai julukan rumah ibadah seribu tiang walaupun jumlah tiang sebenarnya di sana hanyalah berjumlah 288 saja.

Demikianlah pembahasan mengenai masjid terbesar di Indonesia dan juga ciri khas keindahannya. Semoga hal tersebut dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada.

The post 11 Masjid Terbesar di Indonesia dan Keindahannya appeared first on Sintesa Digitronic.

Go to Source – Speccy Jam » Page not found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.