11 Masjid Terbesar di Dunia yang Harus Kamu Tahu

This article is from Speccy Jam » Page not found. Click the title to hop over there.

Terdapat banyak masjid terbesar di dunia yang perlu diketahui. Tempat beribadah umat muslim ini sangat mengesankan. Selain nyaman untuk sholat dan mengaji, arsitekturnya pun sangat unik dan indah. Bahkan salah satunya milik Indonesia.

Ketahui Masjid yang Terbesar di Dunia

Selain memiliki jam waktu sholat tertib, masjid-masjid berikut mempunyai keunggulan serta keunikan. Tak hanya luas dan besar, panoramanya pun sungguh indah. Ia bisa membuat mata yang memandang takjub. Lalu di mana saja bangunan tersebut berada?

  1. Masjidil Haram

Masjid Terbesar di Dunia

Masjid yang ada di Makkah ini memiliki fasilitas super lengkap. Para jamaah bisa menikmati nyamannya sholat di sini. Terlebih lagi, ia bisa menampung hingga jutaan orang. Jadi, Anda tidak perlu takut tidak kebagian tempat. Selain itu, pengunjung akan betah karena suasananya nyaman untuk beribadah.

Masjid ini merupakan masjid termegah sekaligus terbesar di dunia. Ia merupakan tempat suci yang jadi incaran pertama para jamaah saat pergi ke Makkah. Tidak sulit menemukannya karena ia mengelilingi Ka’bah. Tempat tersebut selalu ramai bahkan di luar jam sholat.

  1. Masjid Imam Reza

Masjid Terbesar di Dunia

Salah satu masjid terbesar yaitu Masjid Imam Reza. Tempat beribadah yang terletak di Iran ini terkenal akan keindahannya. Ia memiliki 7 halaman luas dengan desain sungguh indah. Luasnya kurang lebih sekitar 6.443.890 kaki. Sangat luas, bukan?

Usai melaksanakan sholat berjamaah, pengunjung bisa istirahat sejenak memandangi indahnya taman tersebut. Apalagi teras dan pelataran cukup luas. Dijamin, masjid tersebut akan membuat Anda betah berlama-lama.

  1. Masjid Istiqlal

Sejarah Singkat Masjid Istiqlal

Tempat ibadah yang terletak di Jakarta ini lebih besar dibandingkan Masjid Raya Pondok Indah. Namanya berasal dari bahasa Arab bermakna Kemerdekaan. Ia berdiri kokoh sejak tahun 1978. Bangunan tersebut sengaja sebagai peringatan akan merdekanya negara Indonesia.

Ada yang khas dari Masjid Istiqlal yakni menaranya telah dinobatkan sebagai menara tertinggi sekaligus terindah dalam kawasan Asia Tenggara. dan saking luasnya Istiqlal mampu menampung 200 ribu orang. Betapa besarnya bangunan tersebut.

  1. Masjid Baitul Mukarramah

Masjid Terbesar di Dunia

Salah satu masjid terbesar dan terindah di dunia yaitu Baitul Mukarramah. Tempat ibadah ini terletak di Bangladesh. Tak sulit menemukannya karena ia berada di pusat ibukota yaitu kota Dhaka. Ruang sholatnya sangat besar sehingga muat digunakan untuk 40.000 orang.

Masjid ini selesai dibangun pada tahun 1968. Bangunan berwarna putih agak kekuningan. Dijamin Anda akan mudah menemukannya. Apalagi pelataran bagian depan sangat luas. Selain itu, ia nampak segar dengan keberadaan kolam di sekitarnya. Jika tertarik untuk beribadah ke sini, segeralah ke Bangladesh.

  1. Masjid Hasan II, Maroko

Masjid Terbesar di Dunia

Masjid Hasan II ialah bangunan terbesar lainnya yang terletak di daerah Casablanca, Maroko. Tempat ibadah ini memiliki pemandangan indah berupa luasnya samudra biru. Apalagi menaranya sangat tinggi yaitu hingga 210 meter. Tak heran jika para pengunjung merasa antusias untuk datang kemari.

Waktu adzan dan iqomah ialah saat sakral di mana seseorang bisa meminta doa kepada Allah. Ketika itu terjadi, masjid tersebut akan penuh sesak karena banyaknya jamaah yang beribadah. Selain beribadah sholat, pengunjung bisa mendamaikan hati sembari melihat pemandangan laut lepas.

  1. Masjid Jama’

Masjid Terbesar di Dunia

Masjid terbesar di dunia ialah masjid Jama’. Tempat beribadah yang terletak di India ini sungguh besar. Ia dibangun oleh Syah Jehan pada 1655 M. Arsitekturnya sangat unik karena bangunan dibuat dari batu bata merah kuno. Tak heran jika ia membuat orang penasaran untuk datang mengunjunginya.

Anda takkan sulit menemukannya karena bangunannya cukup mencolok. Terdapat 3 kubah besar menghiasi masjid tersebut. Ia berlokasi di dekat jalan raya sehingga tidak perlu merasa kebingungan saat bertandang ke sini. Apalagi saat memasuki waktu adzan dan iqomah area sekitar dipadati jamaah.

  1. Masjid Faisal

Masjid Terbesar di Dunia

Saat jam masjid menunjukkan waktu sholat, banyak orang berduyun-duyun menuju Masjid Faisal. Tempat ibadah yang terletak di Pakistan terbesar tersebut merupakan hasil kompetisi pada tahun 1969. Meskipun telah dibangun sejak lama, namun desainnya modern dan tidak ditemukan satu kubah pun.

Masjid itu mulai didirikan pada tahun 1976 dan menghabiskan sekitar 120 juta dolar AS. Hasil karya arsitek handal tersebut sungguh mengagumkan. Meskipun tidak ada kubah tradisional, namun jika diamati dengan seksama, Anda bisa melihat Ka’bah imajiner. Ini sungguh sangat mengesankan.

  1. Masjid Nabawi

Masjid Terbesar di Dunia

Salah satu masjid terbesar sekaligus termegah ialah Masjid Nabawi. Tempat suci ini merupakan hasil karya nabi Muhammad SAW. Ia didirikan pada tahun 622 M. Selain megah, bangunan tersebut menjadi salah satu tujuan utama saat bertandang ke tanah suci baik untuk keperluan haji maupun umroh.

Takmir masjid mengatakan bahwa sebelum dibangun masjid, tempat tersebut dulunya merupakan rumah Rasulullah. Ikon dari tempat ini ialah kubah berwarna hijau. Dahulu itu adalah rumah Aisyah. Selain beribadah, banyak orang ingin datang untuk mengunjungi makam nabi Muhammad SAW.

Lihat juga: masjid indramayu dengan ornamen timur tengah

  1. Masjid Syeikh Zayed di Abu Dhabi

Masjid Terbesar di Dunia

Ada lagi masjid terbesar yang ada di dunia ini sangat mengesankan. Bangunnya merupakan perpaduan arstektur gaya India, Maroko, Bangladesh dan Pakistan. Tak mengherankan jika wujud tempat ibadah tersebut terlihat unik. Ukurannya sangat luas sekitar 5 kali lapangan sepak bola.

Ketika jam digital masjid menunjukkan waktu sholat, masjid ini akan dipadati orang. Jamaah yang datang tidak hanya dari penduduk lokal saja. Para pelancong dari berbagai negara lainnya pun ikut beribadah sembari mengagumi keindahan bangunannya. Tempat ini akan membuat Anda takjub.

  1. Masjid Al Aqsa

Masjid Terbesar di Dunia

Doa antara adzan dan iqomah termasuk waktu yang dikabulkan oleh Allah SWT. Apalagi jika dilakukan di Al Aqsa, salah satu masjid terbesar dunia. Ikon unik pada bangunannya ialah kubah abu-abu dari timah. Ia didirikan pada masa pemerintahan Umar Khattab. Mayoritas bangunan berasal dari batu kapur.

Meskipun pernah hancur, namun ia segera dibangun kembali. Renovasi dilakukan berkali-kali karena adanya gempa bumi selama beberapa kali. Sampai saat ini, masjid masih berdiri dan dapat dikunjungi oleh siapapun yang beribadah. Saat berada di Palestina, jangan lupa mengunjungi masjid terkenal itu.

Lihat juga: masjid terbesar di Indonesia

  1. Masjid Badshahi

Masjid Terbesar di Dunia

Salah satu masjid terbesar yang harus Anda kunjungi. Tempat beribadah ini termasuk peringkat kedua di Pakistan. Warna bangunannya unik sedikit kemerahan dengan ruang cukup luas. Ia dipercaya mampu menampung hingga 10.000 orang jika menyertakan halaman alias pelataran tempat beribadah.

Pengunjung yang datang sangat bervariatif. Ada pengunjung dengan tujuan beribadah, namun tidak sedikit pula orang berkunjung hanya untuk menikmati keindahan arsitektur masjid terbesar di Pakistan tersebut. Jika datang ke sini, sisihkan waktu melihat keadaan bangunan sekitar. Dijamin Anda akan puas.

Itulah beberapa masjid terbesar di dunia yang terkenal. Semoga suatu hari Anda bisa datang dan beribadah sholat di dalamnya. Amin ya Rabbal ‘Alamin…

The post 11 Masjid Terbesar di Dunia yang Harus Kamu Tahu appeared first on Sintesa Digitronic.

Go to Source – Speccy Jam » Page not found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.